
Along with the usage of computer technology, research on the cognitive effects and implications of blended learning on instructional design has been done, but research on the effects of motivation in the context of the use of blended learning in the learning process is still very little. The use of blended learning in learning and education has became popular. Kata kunci: blended learning, motivasi, desain instruksional Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan adalah media pembelajaran yang dapat membantu pengajar dan peserta didik dalam proses transfer of knowledge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46% peserta didik menyukai penggunaan multimedia dalam pembelajaran, diikuti selanjutnya senang yaitu 35%. Hasil kajian literatur tentang motivasi dalam konteks pembelajaran dengan blended learning dan penggunaan multmedia, menunjukkan bahwa peneliti dan praktisi mempertimbangkan sejumlah aspek penting untuk memastikan bahwa motivasi merupakan bagian yang tergabung dalam sumber pembelajaran untuk mengoptimalkan pengalaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh blended learning terhadap hasil belajar algoritma pemrograman menggunakan motivasi model ARCS. ?Salah satu tujuan utama penggunaan blended learning dalam proses pembelajaran adalah untuk memotivasi peserta didik.


Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, penelitian tentang efek kognitif dan implikasi blended learning terhadap desain instruksional sudah banyak dilakukan, namun penelitian tentang efek motivasi dalam konteks penggunaan blended learning pada proses pembelajaran masih sangat sedikit. Penggunaan blended learning dibidang pembelajaran telah banyak dilakukan. Blended learning, motivation, instructional design Abstract
